Uncategorized

Cara Menulis Kutipan dari Internet

nataliaristizabal.com – Ketika akan membuat sebuah tulisan atau artikel tentang sebuah riset, tentu sangat dibutuhkan informasi sebanyak-banyaknya. Apalagi kalau mengambil sumber dari Internet Anda harus menyertakan situs web tersebut sebagai sumber rujukan. Cara menata letak referensi web yang bersangkutan yaitu berada di akhir artikel, lengkap dengan entri situs yang akan ditampilkan di hasil tulisan Anda.

 

Cara Menuliskan Kutipan yang Tepat dari Internet

Pada saat menuliskan sebuah kutipan maka harus menyertakan kutipan dari situs tersebut yang Anda ambil sebagai bahan referensi dan terletak di akhir kalimat terakhir. Meskipun metode yang ditampilkan sama, informasi yang dikutip harus sesuai dengan format dari sumber akurat. 

 

Sebagai salah satu contohnya yakni MLA (Modern Language Association). Berikut penjelasan dan langkahnya-langkah cara menulis kutipan dari internet.

 

 

  • Tips Kutipan Menggunakkan Gaya MLA (Modern Language Association)

 

Pertama nama penulis harus di tampilkan pada awal entri kutipan yang akan dibuat. Caranya sebagai berikut yaitu ketikkan nama  belakang terlebih dahulu, diikuti koma, lalu tambahkan nama belakangnya, dan diakhiri menggunakan titik. 

 

Contohnya : Amber, Michele. Bila nama informasi penulis tidak ditampilkan atau malah dikelola oleh suatu perusahaan maupun agensi maka Anda hanya perlu mengutip nama agensi tersebut. Yaitu seperti berikut : “Ainsoft Game Developer Inc.”

 

 

  • Penambahan Judul Halaman

 

Langkah selanjutnya ialah penambahan judul halaman dengan diapit oleh tanda kutip. Berikut penulisannya : Amber, Michele. “The Secrets of Lie”. Situs web harus ditulis secara miring, lalu jangan lupa untuk menyertakan tanggal terbit setelah tanda koma, dan diakhiri dengan koma juga. Sebagai contoh : Amber, Michele. “The Secrets of Lie”. Amber’s Blog, 20 Jan. 2016.

 

 

  • Mencantumkan Halaman URL

 

Kemudian adanya URL halaman harus ada serta wajib dicantumkan. Hilangkan bagian http:// pada alamat url Yaitu : Amber, Michele. “The Secrets of Lies”. Amber’s Blog, 20 Jan. 2016, www.ambersblog.com/the -secrets-of-lies.

 

 

  • Tuliskan Tanggal Akses

 

Kemudian langkah berikutnya adalah entri yang dikutip harus disertai tanggal akses. Dengan syarat jika tidak tercantumnya tanggal penerbitan pada web yang telah dikutip. Contohnya : Amber, Michele. “The Secrets of Lies”. Amber’s Blog, 20 Jan. 2016, www.ambersblog.com/the -secrets-of-lies. Accessed 27 Juny 2018.

 

 

  • Menyisipkan kutipan dalam bentuk teks

 

Terakhir Anda bisa meyisipkan kutipan dalam teks ketika menuliskan informasi pada web Anda sendiri. Kutipan tersebut harus ditempatkan di dalam kurung. Secara umum penulisannya tertera nama belakang penulis serta nomor halaman yang telah diparafrasa. 

 

Karena secara umum sebuah website tidak mempunyai nomor halaman maka cukup dengan menuliskan atau mencantumkan nama belakang penulis atau judul halaman web jika informasi penulis tidak tersedia. Contohnya : “Sebuah rahasia tentang kebohongan bisa terungkap jika Anda terus menggalinya (Amber).”

Baca Juga : Rumus Luas dan Keliling Lingakaran

Mengenai cara menulis kutipan dari internet sejatinya masih banyak. Selain gaya MLA (Modern Language Association) masih terdapat beberapa lagi jenisnya. Sekilas memang memilki kesamaan, mungkin kalau terdapat perbedaan itu hanya sedikit saja. Dengan adanya tips di atas diharapkan untuk memudahkan ketika akan menggali informasi dari sebuah riset yang akan Anda tuliskan.